Senin, 03 September 2012

Cara Membuat PCB Sederhana


     Sudah dua Tahun terakhir ini saya tidak menulis artikel di Blog saya, karena berbagai hal dan kesibukan .Alhamdulilah saat ini saya diberikan waktu untuk sedikit menulis pengalaman dan pengetahuan masa SMP yang ternyata pengetahuan tersebut sangat berguna saat ini, ketika saya harus menyelesaikan tugas perkuliahan. Akan tetapi ada sedikit tambahan pengetahuan yang saya dapat dari berbagai sumber. Saya akan menulis bagaimana cara membuat PCB sederhana buatan sendiri. 

       Yang perlu disiapkan adalah :
1. PCB Polos 
2. Spidol Permanen
3. Ampelas
4. FeCl3 (Ferric Clorida)
5. Kertas Kalender Bekas
6. Strika Listrik
7. Wajan

       Langkah pertama adalah menggambar rangkaian Elektronika pada PCB dengan menggunakan spidol (itu tempo doeloe waktu saya SMP). Sekarang kita dapat menggunakan aplikasi pembuat PCB seperti Orcad 9.1, Eagle 6.2 dan lain-lain. saat ini saya akan menggunakan Eagle 6.2 untuk membuat skema rangkaian. Pertama kita masuk ke Eagle kemudian pilih File, New Project kemudian kasih nama Project sesuai yang kita inginkan. Setelah itu masuk ke New Schematic maka akan tampil sebuah Form tempat kita membuat skema, gunakanlah tool-tool yang ada di situ (untuk cara penggoperasian Eagle dalam membuat skema bisa cari di Mbah Google). berikut adalah contoh sederhana gambar skema yang dibuat pada Aplikasi Eagle.

Setelah membuat skema kemudian pilih Borad, maka akan tanpil form baru seperti pada gambar dibawah



Kemudian Siapkan kertas kalender bekas yang dipotong sebesar ukuran kertas HVS yang dimaksudkan agar memudahkan waktu di print. Print gambar rangkaian diatas dengan menggunakan Printer Toner/laser Jet. langkah selanjutnya potong kertas tersebut sesuai ukuran gambar rangkaian, kemudian tempelkan pada PCB Polos pada bagian tembaganya. Panaskan strika listrik, sebelumnya lapisi dahulu kertas rangkaian tadi dengan kertas yang sedikit terbal, selanjutnya tempelkan dan tekan strika yang sudah panas tadi sekitar 10 detik. kemudian ratakan sekitar 5 menit supaya gambar rangkaian menempel pada PCB dengan sempurna. selanjutnya diamkan PCB sampai dingin, setelah dingin masukan kedalam air bersih sampai kertas kalender tadi terlepas, gunakan spidol apabila ada jalur rangkaian yang terputus. Gambar hasil cetak yang dilakukan dapat dilihat pada gambar dibawah. 












Langkah selanjutnya panaskan air secukupnya, larutkan  Ferric Clorida kedalam air yang telah dipanaskan tadi,gunakan wajan yang telah disiapkan sebagai tempat pelarutan. Dalam langkah ini kita harus hati-hati, karena Ferric Clorida merupakan Zat kimia yang berbahaya, gunakanlah sarung tangan karet dan masker agar uap Ferric Clorida tidak terhirup. Agar proses peleburan tembaga berlangsung lebih cepat, goyang-goyang wajan sampai tembaga yang tidak tertutupi oleh gambar rangkaian seluruhnya melebur. Setelah itu angkat PCB tadi, kemudian bersihkan dengan air bersih,sambil di ampelas dengan perlahan agar sisa toner yang menempel hilang. dibawah adalah gambar PCB yang telah jadi.












Demikianlah cara sederhana membuat PCB buatan sendiri, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih pada semua sumber yang telah membantu.



1 komentar: